Kenali 7 Khasiat Lada Hitam untuk Kesehatan

by -0 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Di balik rasanya yang pedas dan hangat, lada hitam ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Rempah ini dikenal sejak lama dipercaya sebagai obat.

Karena sifat antibakterinya, lada digunakan untuk mengawetkan makanan. Lada hitam juga merupakan agen antiinflamasi yang sangat baik.

Dilansir dari Organic Fact, Senin (14/1), lada hitam adalah sumber mineral yang kaya kandungan gizi seperti kalium, kalsium, magnesium, fosfor, natrium, folat serta vitamin seperti tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, vitamin E dan vitamin K. Berikut manfaat lada hitam untuk kesehatan.

Obat Flu

Lada bisa membantu menambah nafsu makan serta meredakan batuk-pilek. Saat flu akan lebih baik jika menyantap sup dengan tambahan lada.

Tangkal Radikal Bebas

Antioksidan dalam lada dapat mencegah atau memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membantu mencegah banyak penyakit. Menurut sebuah studi review oleh Jie Zheng, lada juga antitumor untuk berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker kolorektal, dan kanker prostat.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Konsumsi lada meningkatkan sekresi asam hidroklorat di lambung, sehingga memudahkan pencernaan. Pencernaan yang tepat sangat penting untuk menghindari diare, sembelit, dan kolik. Lada juga membantu mencegah pembentukan gas usus.

Perawatan Kulit

Lada membantu menyembuhkan vitiligo, yang merupakan penyakit kulit akibat kehilangan pigmentasi normal dan memutih. Menurut peneliti di Oregon Health & Science University, kandungan lada piperine dapat merangsang kulit untuk menghasilkan pigmen melanosit. Ini juga mengurangi kemungkinan kanker kulit karena radiasi ultraviolet yang berlebihan.

Menyehatkan Pernapasan

Dalam praktik herbal, lada ditambahkan bisa mengobati pilek dan batuk. Lada juga meringankan sinusitis dan hidung tersumbat. Lada memiliki sifat ekspektoran yang membantu memecah lendir dan endapan dahak di saluran pernapasan. Tambahkanlah lada dalam sup atau semur.

Cegah Kolesterol

Lada yang ditambahkan ke dalam makanan menjaga arteri tetap bersih dan mengikis kelebihan kolesterol dari dinding, sehingga membantu mengurangi aterosklerosis. Tentu bertanggung jawab untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Piperine, salah satu komponen utama lada hitam, telah ditunjukkan dalam banyak penelitian untuk mengurangi kerusakan memori dan kerusakan kognitif. Sehingga bisa mencegah demensia dan baik untuk otak.(jpc/jpnn)

About Author: Makruf

Gravatar Image
Kontak saya di HP: 087787353581 | Email: Ruffy81m6@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *