News Update

Waspada! Kondisi Ini Bisa Sebabkan Heat Stroke Pada Bayi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Heat stroke (sengatan panas) merupakan kondisi ketika tubuh seseorang mengalami peningkatan suhu tubuh secara dramatis dalam waktu cepat, dan tidak dapat mendinginkan tubuh. Heat stroke biasanya terjadi saat seseorang merasa kepanasan hebat akibat paparan suhu panas dari sengatan matahari di luar batas toleransi tubuh.

Bukan hanya orang dewasa, bahkan anak-anak dan balita juga bisa mengalami heat stroke. Seperti diketahui, bayi dan balita berada dalam fase kehidupan yang paling rumit. Sistem biologis mereka masih berkembang, sehingga membuat tubuh mereka sensitif dan rentan terhadap agen internal dan eksternal.

Dilansir dari laman Boldsky berikut beberapa penyebab heat stroke pada bayi yang perlu diketahui.

1. Dehidrasi

Air sangat penting bagi tubuh diperlukan dalam sel manusia, untuk mengatur suhu, untuk menghilangkan limbah, untuk menjaga tubuh tetap lembab secara internal, untuk membantu pencernaan, untuk hidrasi, dll.

Ketika tubuh mulai kehilangan air dan mengalami dehidrasi, tubuh menjadi lebih lemah dan lebih cenderung heat stroke. Ketika suhu tubuh mulai naik, jika tidak direhidrasi secara menyeluruh, itu dapat menyebabkan heat stroke yang mengakibatkan kerusakan parah atau kematian.

2. Malnutrisi

Ketika bayi Anda tidak mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat, ia akan menjadi kurang gizi dan lemah. Tidak hanya menyebabkan tubuh rentan terhadap heat stroke, tetapi juga menyebabkan banyak komplikasi lain yang berhubungan dengan kesehatan yang buruk.

3. Suhu eksternal panas

Ketika cuaca benar-benar panas, bayi Anda kemungkinan besar akan menderita heat stroke. Pastikan anak-anak Anda minum banyak cairan dan jangan biarkan bayi terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Jangan dandani dengan pakaian hangat. Saat bepergian, jangan tinggalkan bayi Anda di dalam mobil yang diparkir karena panas di dalam kendaraan yang tidak bergerak bisa lebih buruk dari suhu di luar.

4. Pakaian ketat

Pakaian yang sangat ketat akan menyiksa bayi Anda. Pakaian yang terlalu ketat atau mencekik dapat meningkatkan metabolisme tubuh bayi sehingga meningkatkan risiko serangan panas pada bayi.

5. Kurang oksigen

Karena berbagai alasan, anak Anda mungkin mengalami kesulitan bernapas atau kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen ini, sekali lagi, melemahkan seluruh tubuh dan menyebabkan panas berlebih. Jika Anda tinggal di lingkungan yang panas, kemungkinan besar anak Anda akan menderita serangan panas atau heat stroke karena alasan ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!