4 Cara Mengoptimalkan Pencegahan Kanker – Fajar Health
News Update

4 Cara Mengoptimalkan Pencegahan Kanker

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hingga saat ini, penyebab tunggal munculnya kanker belum bisa dipastikan. Meski demikian, pola hidup yang tidak sehat, genetik, serta radikal bebas dipercaya memegang peranan penting dalam meningkatkan risiko kanker di kemudian hari.

Selain dengan mengonsumsi berbagai sayuran, termasuk sayuran pahit dan buah-buahan sebagai sumber antioksidan, ada beberapa langkah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan risiko kanker. Seperti dianjurkan oleh dr. Alvin Nursalim, Sp.PD, dari KlikDokter:

1. Tidak merokok

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, ginjal, rongga mulut, dan pankreas. Jika sampai saat ini Anda masih merokok, cobalah untuk berhenti. Memang tidak mudah, tapi demi kesehatan yang lebih baik tidak ada yang mustahil.

2. Pertahankan berat badan ideal

Mendapatkan berat badan yang ideal menurunkan risiko kanker, termasuk kanker payudara, prostat, paru-paru, usus besar, dan ginjal. Salah satu cara untuk mempertahankan berat badan ideal adalah dengan aktivitas fisik. Anda disarankan untuk berolahraga setiap hari selama 30 menit.

3. Dapatkan vaksinasi

Menurut dr. Alvin, beberapa virus bisa menyebabkan terjadinya kanker. Untuk hal ini, vaksinasi adalah salah satu yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Vaksin yang direkomendasikan adalah hepatitis B untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut, yang pada akhirnya menurunkan risiko terjadinya kanker hati. Selain itu, vaksin human papillomavirus (HPV) juga disarankan karena dapat menurunkan kejadian kanker serviks dan kanker penis.

4. Lindungi diri dari sinar matahari

Paparan sinar matahari terlalu berlebihan meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Meski sebetulnya sinar matahari itu baik, tapi ada waktu-waktu berbahaya yang paparan sinarnya buruk untuk kulit. Untuk mencegahnya, hindari paparan sinar matahari antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Gunakan tabir surya spektrum luas (broad spectrum) dengan SPF setidaknya 30. Tetap aplikasikan tabir surya meski hari berawan. (RN/ RVS/klikdokter)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!