5 Karakter Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

by -6 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setiap orangtua ingin anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang unggul. Anak yang unggul adalah anak yang berani, cerdas, kreatif, peduli, dan kelak akan menjadi pemimpin baik untuk dirinya, keluarga, lingkungan dan masyarakat.

Hanya saja, rasa khawatir orangtua yang berlebihan terhadap anak justru membatasi ruang gerak anak untuk mengeksplorasi diri, mengembangkan potensi diri anak. Ibu yang terlalu takut dan khawatir anak-anak untuk melakukan banyak hal justru akan menghambat tumbuh kembang anak. Dengan begitu, menghambat anak menjadi anak yang unggul di masa mendatang.

Prof. Dr. dr. Soedjatmiko SpA (K), MSi, pakar tumbuh kembang anak memaparkan pentingnya stimulasi bermain setiap hari oleh keluarga dengan penuh kasih sayang untuk balita.

"Stimulasi bermain akan merangsang kemampuan pendengaran, penglihatan, memori, kognitif, bicara, emosi, gerak kasar dan halus, yang akan mengembangkan semua potensi-potensi anak, sehingga kelak menjadi anak yang sehat, cerdas, kreatif dan berperilaku baik," kata dr. Soedjatmiko pada acara 'Iya Boleh' Dukung si Kecil Kembangkan Lima Karakter Anak Unggul Indonesia oleh Dancow Advanced Excelnutri+ di Sudirman, Jakarta, Kamis ( 7/2).

Lebih lanjut psikolog klinis Ratih Ibrahim Ibrahim menambahkan cara terbaik yang dapat dilakukan orangtua adalah ikut terlibat dalam proses eksplorasi dengan lebih banyak mengatakan 'lya Boleh’ kepada si kecil.

"Jika para orang tua mendorong si kecil untuk bereksplorasi secara tepat, sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya, tentu ini akan membantu si kecil untuk mengembangkan lima potensi karakter penting, yaitu Berani, Cerdas, Kreatif, Peduli, dan Pemimpin," tambah Ratih.

Menurut para ahli, ada lima karakter penting yang perlu dikembangkan oleh orangtua kepada si Kecil sejak usia dini, yaitu:

1. Berani
Eksplorasi merupakan salah satu cara untuk si Kecil berinteraksi dengan lingkungan, sehingga keberaman dan rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi Iainnya, seperti problem-solving, decision-making, dan keterampilan sosial

2. Cerdas
Melalui eksplorasi yang tepat, sesuai dengan tahap perkembangannya, aspek kognitif si kecil dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses eksplorasinya.

3. Kreatif
Ketika terpapar pada berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi dan kreativitas si kecil dapat berkembang dengan baik.

4. Peduli
Melalui aktivitas bersama teman lain atau orang dewasa, si kecil belajar berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, serta meningkatkan toleransinya.

5. Pemimpin
Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk si kecil memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Eksplorasi mengasah kemampuan si kecil untuk mengambil kontrol akan berbagai hal disekitarnya.

About Author: Makruf

Gravatar Image
Kontak saya di HP: 087787353581 | Email: Ruffy81m6@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *