3 Cara Menurunkan Risiko Penyakit Jantung – Fajar Health
News Update

3 Cara Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

FAJAR.CO.ID – Penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di dunia. Menjaga pola makan dengan benar dapat menjadi salah satu cara untuk menjauhkan diri dari penyakit tersebut.

Cara lain untuk menurunkan risiko penyakit jantung

Ada dua jenis faktor risiko penyakit jantung, yaitu faktor risiko yang tidak dapat diubah (gender, usia, keturunan) dan dapat diubah (gaya hidup). Berikut perubahan gaya hidup yang dapat membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

1. Merokok

Bahan kimia dalam rokok bisa merusak jantung dan dinding pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat menimbulkan plak yang menyumbat pembuluh darah. Plak aterosklerosis tersebut dapat berujung pada serangan jantung. Merokok sesedikit apa pun tetap akan meningkatkan risiko penyakit jantung, walaupun semakin banyak Anda merokok, akan semakin tinggi pula risiko serangan jantung tersebut.

2. Mengelola kadar kolesterol, gula, dan tekanan darah

Kolesterol tinggi, diabetes mellitus, dan hipertensi merupakan faktor risiko penting penyebab penyakit jantung. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga pola makan dan berolahraga.

3. Mengendalikan stres

Tuntutan pola hidup dewasa ini rentan membuat banyak orang stres. Seperti yang Anda tahu, stres juga berhubungan dengan penyakit jantung. Namun, Anda tetap dapat mengendalikan kondisi tersebut, yakni dengan manajemen stres. Anda bisa mendengarkan musik yang menenangkan, menonton film komedi, bermeditasi, atau berkonsultasi dengan psikolog.

Karena itu, sebelum semua terlambat ubahlah juga gaya hidup Anda yang masih berantakan dan terapkan secara konsisten agar Anda terhindar dari penyakit jantung.(RS/RVS/klikdokter/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!